Contoh Proposal Renovasi Masjid

A. PENDAHULUAN

إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَاجِدَ اللَّهِ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَأَقَامَ الصَّلَاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَلَمْ يَخْشَ إِلَّا اللَّهَ ۖ فَعَسَىٰ أُولَٰئِكَ أَنْ يَكُونُوا مِنَ الْمُهْتَدِينَ

“Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapa pun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” (At Taubah: 18)

لَا تَقُمْ فِيهِ أَبَدًا ۚ لَمَسْجِدٌ أُسِّسَ عَلَى التَّقْوَىٰ مِنْ أَوَّلِ يَوْمٍ أَحَقُّ أَنْ تَقُومَ فِيهِ ۚ فِيهِ رِجَالٌ يُحِبُّونَ أَنْ يَتَطَهَّرُوا ۚ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُطَّهِّرِينَ

“Janganlah kamu bersembahyang dalam masjid itu selama-lamanya. Sesungguhnya masjid yang didirikan atas dasar takwa (masjid Quba), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu bersembahyang di dalamnya. Di dalamnya ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan Allah menyukai orang-orang yang bersih.” (At Taubah: 108)

فَأَمَّا مَنْ أَعْطَى وَاتَّقَى. وَصَدَّقَ بِالْحُسْنَى. فَسَنُيَسِّرُهُ لِلْيُسْرَى. وَأَمَّا مَنْ بَخِلَ وَاسْتَغْنَى. وَكَذَّبَ بِالْحُسْنَى. فَسَنُيَسِّرُهُ لِلْعُسْرَى

”Adapun orang yang memberikan hartanya dan bertakwa, serta membenarkan keyakinan yang benar berikut balasannya, maka akan Kami mudahkan baginya keadaan yang mudah. Adapun orang yang bakhil dan merasa dirinya tidak butuh kepada Allah, serta mendustakan keyakinan yang benar berikut balasannya, maka akan Kami mudahkan baginya keadaan yang sukar.” (Al-Lail: 5-10)

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا أَنْفِقُوا مِمَّا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ يَوْمٌ لاَ بَيْعٌ فِيهِ وَلاَ خُلَّةٌ وَلاَ شَفَاعَةٌ وَالْكَافِرُونَ هُمُ الظَّالِمُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman, infakkanlah apa yang telah Kami rezekikan kepada kalian sebelum datang suatu hari yang pada saat itu tidak ada jual beli, tidak ada hubungan kasih sayang dan tidak ada pula syafa’at. Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang dzalim.” (Al-Baqarah: 254)

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

“Dan apa pun yang kalian infakkan, maka Allah akan menggantinya, dan Dia adalah sebaik-baik pemberi rizki.” (Saba`: 39)

فَاتَّقُوا اللهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ وَاسْمَعُوا وَأَطِيعُوا وَأَنْفِقُوا خَيْرًا لِأَنْفُسِكُمْ وَمَنْ يُوقَ شُحَّ نَفْسِهِ فَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

“Maka bertakwalah kalian kepada Allah sekuat kemampuan kalian, dengar dan taatlah kalian kepada-Nya, serta infakkanlah harta yang baik bagi diri kalian, dan barangsiapa dilindungi dari kekikiran dirinya, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (At-Taghabun: 16)

الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ سِرًّا وَعَلاَنِيَةً فَلَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلاَ خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلاَ هُمْ يَحْزَنُونَ

“Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan siang hari secara sembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapatkan pahala di sisi Rabb mereka. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak pula mereka bersedih hati.” (Al-Baqarah: 274)

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا: اللَّّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا، وَيَقُوْلُ الْآخَرُ: اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

“Tidak ada suatu hari yang dimasuki oleh seorang hamba, kecuali pada hari itu ada dua malaikat yang turun. Salah seorang dari mereka berdoa, ‘Ya Allah, berikan ganti pada orang yang menginfakkan hartanya.’ Yang lainnya berdoa, ‘Ya Allah, berikan kemusnahan harta pada orang yang tidak mau memberi.” (HR. Al-Bukhari no. 1442)

Asma` bintu Abi Bakr radhiyallahu ‘anha berkata:

قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، مَالِي مَالٌ إِلاَّ مَا أَدْخَلَ عَلَيَّ الزُّبَيْرُ، فَأَتَصَدَّقُ؟ قَالَ: تَصَدَّقِي وَلاَ تُوْعِي فَيُوْعَى عَلَيْكِ

“Aku berkata: ‘Wahai Rasulullah, aku tidak memiliki harta kecuali apa yang dimasukkan Az-Zubair kepadaku. Apakah boleh aku menyedekahkannya?’ Beliau bersabda: ‘Bersedekahlah. Jangan engkau kumpul-kumpulkan hartamu dalam wadah dan enggan memberikan infak, niscaya Allah akan menyempitkan rizkimu’.” (HR. Al-Bukhari no. 2590 dan Muslim no. 2375)

Membangun masjid adalah pekerjaan pertama yang Rasulullah SAW lakukan ketika sampai di Madinah. Masjid adalah sarana utama untuk pemberdayaan masyarakat Islam. Masjid pada masa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam dan generasi Islam pertama dijadikan sebagai pusat kegiatan dakwah, sentra pengembangan keilmuan, membangun pemikiran umat, pendidikan dan sosial. Di sanalah tempat para sahabat Rasul Shallallaahu ‘alaihi wasallam menimba ajaran-ajaran Islam dan tempat memecahkan segala urusan mereka sehari-hari. Masjid di masa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bukan hanya sebagai tempat penyaluran emosi religius semata, tetapi ia telah dijadikan pusat aktivitas umat.

Sejatinya sebagai umat Muhammad Shallallaahu ‘alaihi wasallam, kami mencita-citakan sebuah masjid yang “sebangun” dengan masjid Rasul tersebut, yakni masjid yang berasaskan takwa, sebuah tempat menimba ilmu, menyucikan jiwa dan raga, menjadi tempat yang memberikan arti tentang tujuan hidup dan cara-cara meraihnya, serta wujud praktek kerja nyata umat sebagai hamba terbaik di muka bumi. Tentu, kesemua cita-cita di atas akan memerlukan syarat, yakni adanya bangunan fisik masjid yang representatif, layak dan aman. Terkait dengan bangunan fisik masjid, saat ini usia masjid sudah hampir 4 tahun, namun ternyata konstruksi kolom dan atapnya sudah pada tahap kritis menghawatirkan keselamatan jama’ah. Bahkan, siapapun yang memiliki ilmu kontruksi akan mudah menyimpulkan, dengan satu pertanyaan: Apakah konstruksi yang ada ini masih bisa menahan beban atap, sekedar untuk waktu empat bulan ke depan?. Apalagi jika cuaca ditemani hujan, maka kekhawatiran akan ambruknya atap masjid akan menjadi lengkap.

Oleh karena itu, maksud proposal ini adalah sebagai langkah awal untuk merenovasi konstruksi kolom dan atap masjid yang representatif, layak dan aman sehingga cita-cita mewujudkan masjid sebagai pusat aktivitas keumatan bisa terealisasi, insya Allah. Tentunya, melalui bantuan para donatur yang kami harapkan bisa mengulurkan tangannya, membantu pelaksanaan renovasi, baik secara keseluruhan maupun sebagiannya.

B. TUJUAN

Tujuan dari proposal ini adalah sebagai media membuka komunikasi dan penggalangan dana untuk renovasi masjid sebagaimana yang di maksud di atas.

C. ALAMAT MASJID

Alamat Masjid: Fasum Utama Graha Gardenia Extension

Citra Raya Tangerang 15710

Telp. 0813 1782 7997; 0813 81363 496

D. PELAKSANAAN

Kegiatan renovasi dan pembangunan masjid dilaksanakan oleh tim panitia yang dibentuk warga Graha Gardenia Extension Cutra Raya. Tahapan pelaksanaan diawali dengan penurunan atap yang dilanjutkan dengan membuatan kolom-kolom kontruksi dan seterusnya yang kesemuanya dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan. Panitia ini juga bertugas untuk menghimpun dana bagi terlaksananya kegiatan renovasi tersebut.

E. BIAYA

Biaya renovasi masjid diperkirakan sebesar Rp. 295.842.000,00 (dua ratus sembilan puluh lima juta delapan ratus empat puluh dua ribu rupiah). Dana ini berasal dari warga perumahan Graha Gardenia Extension Citra Raya, sumbangan sukarela dan sumbangan lainnya yang tidak melanggar hukum syara’. Adapun rincian rencana anggaran biayanya terlampir.

F. PENYALURAN SUMBANGAN

Sumbangan atau bantuan dapat disalurkan melalui panitia dengan alamat:

1. Sigit Purwono

Blok XP.13 No. 21, Telp.: 0812 822 0918

2. Sugiyanto

Blok XP.04 No. 14, Telp.: 0815 996 5282

G. SUSUNAN PANITIA

Susunan Panitia Renovasi Masjid sebagai berikut:

Pelindung : 1. Drs. H. Deni Iskandar, M.Si (Camat Kec. Panongan)

2. H. Syamsuddin (Lurah Kelurahan Mekarbakti)

Penasehat : 1. Ketua RW. 012

2. Ketua Umum DKM Al Imam Al Bukhari

Ketua : Asep Saepulloh, SE

Wk. Ketua : Budi Effendi, SE

Sekretaris : Masduki Asbari, ST

Wk. Sekretaris : Sugino

Bendahara : Sugiyanto

Seksi Penggalangan Dana:

Koordinator Umum : 1. Ubaidillah

2. Sigit Purwono, ST

Koord. RT. 01 : Puji Ari

Koord. RT. 02 : Sutopo

Koord. RT. 03 : Efriyanto

Koord. RT. 04 : Sigit Purwono, ST

Koord. RT. 05 : Syarifuddin

Anggota : 1. Dodi (RT.04)

2. Tulus, ST (RT.05)

3. Suwandi (RT.01)

4. Asep Surasa (RT.02)

5. Agus Susanto (RT.05)

Seksi Teknik:

Koordinator : Panji Abdullah

Wk. Koordinator : M. Mukhlis Kosasih

Anggota : 1. Ikhwan (RT.05)

2. Azhar Ma’syum (RT.01)

Seksi Humas:

Koordinator : Tasim, S.Pd

Wk. Koordinator : Didi, S.Pd (RT.01)

Anggota : 1. Nawawi (RT.04)

2. Azad Zaim (RT.03)

3. Joko (RT.03)

4. JokoB.P. (RT.04)

5. Sunarno (RT.03)

6. Agus Iswadi (RT.02)

H. PENUTUP

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, kami mengajak kepada Bapak/Ibu/Saudara untuk berkenan menyalurkan infaq dan shadaqahnya kepada pelaksanaan renovasi masjid ini. Semoga apa yang Bapak/Ibu/Saudara berikan mendapat ridho Allah Subhaanahu wata’aala dan dibalas dengan pahala yang berlipat sesuai dengan firman Allah Subhaanahu wata’aala dalam surat Al Baqarah ayat 261:

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ وَاللهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ وَاللهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“Perumpamaan nafkah yang dikeluarkan oleh orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan ganjaran bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas karunia-Nya lagi Maha Mengetahui.” (Al-Baqarah: 261)

Tangerang, 29 Agustus 2009

Ketua Umum DKM,

Masduki Asbari Amir, ST., MM.

47 thoughts on “Contoh Proposal Renovasi Masjid

  1. assalamualaikum .. contoh proposal bagus pak , bisa minta tolong kirimin contoh proposal di email saya ….

    syukron jaza kalloh
    wassalamualaikum ..

    Suka

  2. Assalamu’alaiku wr. wb.

    contoh proposal bagus pak , bisa minta tolong kirimkan contoh proposal ke email saya(ahmadnabawi44@yahoo.co.id)

    syukron jaza kallahu khairon katsiro

    Wassalamualaikum wr. wb.

    Suka

  3. Assalamualikum Wr.Wb,

    Bapak Masduki yang terhormat,bisa minta tolong kirimkan contoh proposal ke email saya (jaya.mks_76@yahoo.co.id)

    Wassalamualaikum wr. wb.

    Suka

  4. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Bapak Masduki yang terhormat,bisa minta tolong kirimkan contoh proposal ke email saya (rasmacapm@yahoo.com), saya bermaksud membuat proposal renovasi masjid bagian kusen dan tempat wudlu.(bagian kusen dikarenakan : kusen sekarang kayu2 nya sudah mulai keropos dimakan rayap, rencananya ingin direnovasi menjadi kusen cor beton. Mohon dibantu yah pak.

    Wassalamualaikum wr. wb.

    Suka

  5. assalamualaikum wr.wb
    kang sy minta tolong di kirim contoh proposal via email saya
    kebetulan masjid di kampung sy rencana mau di renovasi
    saya ingin buat proposal seperti akang ini
    bagian2 atap masjid seperti kusen,dan kayu udah pada kropos
    seperti tu kang,rencana masjid trsebut ada keinginan untuk di tingkat,butuh dana cukup besar..pengecoran dll
    mohon di bantu kang
    wasalamualaikum wr.wb

    Suka

  6. Wa’alaikum salam Pak Abdee, sehubungan file saya hilang, maka saya tidak bisa mengirimkan file proposal ini. Hanya, jika berkenan dengan format proposal di atas, silakan Bapak bisa copy ajha kemudian paste di word Bapak. Semoga bermanfaat. Wassalamu’alaikum

    Suka

  7. Wa’alaikum salam Pak Ahmad Nabawi, sehubungan file saya hilang, maka saya tidak bisa mengirimkan file proposal ini. Hanya, jika berkenan dengan format proposal di atas, silakan Bapak bisa copy ajha kemudian paste di word Bapak. Semoga bermanfaat. Wassalamu’alaikum

    Suka

  8. Wa’alaikum salam Pak Sofyar, sehubungan file saya hilang, maka saya tidak bisa mengirimkan file proposal ini. Hanya, jika berkenan dengan format proposal di atas, silakan Bapak bisa copy ajha kemudian paste di word Bapak. Semoga bermanfaat. Wassalamu’alaikum

    Suka

  9. Wa’alaikum salam Pak Jaya, sehubungan file saya hilang, maka saya tidak bisa mengirimkan file proposal ini. Hanya, jika berkenan dengan format proposal di atas, silakan Bapak bisa copy ajha kemudian paste di word Bapak. Semoga bermanfaat. Wassalamu’alaikum

    Suka

  10. ass pak..
    saya mau izin copas ya..
    semoga bapak tidak merasa keberatan dan semoga di jadikan amal oleh Allah S.W.T.
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih…

    Suka

  11. ass pak..
    tolong kirimkam contoh proposal rehab mesjid., karna mesjid yg kita tempati sekarang ini hanya berdidingkan papan kayu dan kondisinya sekarang uda rusak., kalu bisa dengan desain gambarnya juga., perkiraan mesjd yg kita akan bangun direncanakan dengan luas kisaran 12 x12 m2

    Suka

  12. assalamu alaikum, mohon bantuannya kebetulan di daerah kami akan diadakan renovasi, kalo misa kami minta contoh proposalnya via emai, terima kasih,,,jazakalloh…

    Suka

  13. Assalamu’alaikum,
    Mohon bantuannya dikirimkan contoh proposal tersebut
    Terima kasih atas bantuannya

    Suka

  14. Assalamu’ alaikum,.pak Masduki Asbari … kebetulan bulan ramadhan ini 1434 h, kami ingin membuat proposal penggalangan dana, untuk renov pembangunan mesjid kami. Mohon bantuanya di kirimkan contoh proposalx ( fajheq@yahoo.com)
    Syukron Jazakallah …

    Suka

  15. Pak mohon izin kirim proposalnya (word) utk contoh krn ada masjid yg mnta tlg dibuatkan proposal rehab masjid. Trimakasih sblmnya

    Suka

  16. Assalamualaikum.
    contoh proposalx bagus pak, bisa dikirimkan via email proposalx, krn kami juga berencana melakukan renovasi masjid. (idenurmath83@gmail.com)

    Suka

  17. Assalamu`alaikum Wr Wb,….. pak Masduki Asbari proposal nya bagus sangat bermanfaat,kalau tidak keberatan saya juga minta di kirim via email ya pak ini e milenya ya pak, aa.hunai@gmail.com..mksh pak..Wassalamu’alaikum

    Suka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s