Mendesain Sistem Hidrolik #2: Menghitung Kapasitas Motor Listrik dan Pompa Hidrolik yang Dibutuhkan

Di bawah ini saya tuliskan ulang contoh perhitungan sederhana untuk menentukan besarnya power motor listrik atau menentukan kapasitas pompa oli hidrolik yang akan digunakan saat melakukan instalasi sistem hidrolik. Saya maklum, terkadang rumus sederhana ini mudah ilang dari ingatan, apalagi kalau proyek instalasinya di akhir bulan alias tanggal tua… he..he..

 Ringkasan rumusnya demikian:

Power Motor = (Flow Pompa x Tekanan Pompa) : 600

Catatan:

  • Power motor dalam satuan kW
  • Flow pompa dalam satuan liter/menit
  • Tekanan pompa dalam satuan bar atau kg/cm2

 

Contoh Soal:

  • Diketahui bahwa flow pompa UCHIDA RPC-15 yang terpasang di mesin Coating adalah 30 cc/rev. Jika mesin ini dipergunakan untuk proses ekstrusi dengan tekanan 90 bar, maka berapakah power minimal (dalam satuan kW) yang dibutuhkan oleh electromotor yang speednya hampir 1000 rpm?

 

Jawaban:

  • Menghitung flow pompa, karena yang diketahui masih dalam satuan cc/rev., maka terlebih dahulu dikonversi ke satuan liter/menit, dengan cara mengalikannya dengan speed motor yang digunakan. Jadi hasilnya sebagai berikut:

             30 cc/rev x 1000 rpm = 30.000 cc/menit = 30 liter/menit

  • Jadi power motor bisa dihitung dengan rumus seperti di atas, yakni:

              P = (30 liter/menit x 90 bar) : 600 = 4,5 kW

  • Kesimpulannya,  power motor listrik yang dibutuhkan adalah sebesar minimal 4,5 kW

 

Artikel Terkait:

About these ads

22 gagasan untuk “Mendesain Sistem Hidrolik #2: Menghitung Kapasitas Motor Listrik dan Pompa Hidrolik yang Dibutuhkan

  1. maaf pak saya ingin bertanya..bagaimana kah cara menhitung atau mngetahui bila sy mempunyai pompa yang hanya diketahui outlet dan inlet nya sja
    contoh;
    pompa inlet 10” dan outlet 8” dan sy mempunyai motor 75kw
    pertanyaan sy bagaimana menghitung pulley motor dan pulley pompa jika akan di dgn sistem vbelt, atas jawaban nya trims.mohon dapat di email ke sy..trims

    Like this

    • @ Pak Syamjuliyono: terimakasih atas kunjungannya, semoga kita bisa terus saling sharing. Terkait dengan pertanyaan Bapak, yang perlu diperhatikan terlebih dahulu adalah berapa flow yang diinginkan oleh sistem Bapak, selanjutnya akan muncul kebutuhan berapa speed yang diperlukan. Nah, setelah keluar angka speed yang dibutuhkan, barulah kita sesuaikan pulley yang di pompa dan yang di motornya. Begitu Pak Syamjuliyono, saya tunggu kelanjutannya…

      Like this

  2. Assalamualaikum Wr. Wb.
    pak saya mau tanya, apakah dalam rangkaian sistem fluida tertutup, dengan komponen-komponen sebagai berikut:
    1. Motor Induksi 1 Fasa sebagai penggerak pompa dengan data-data sebagai berikut:
    Vin=220V
    pole=4
    Daya=750W
    2. Pompa Fluida dengan karakteristik Gear Pump
    3. Motor Hidrolik.

    Pertanyaan saya:
    1. Adakah pengaruh daya motor hidrolik yang mungkin dihasilkan bila pada penggerak pompa(motor induksi 1 fasa) diberlakukan pengendalian melalui Variable Speed Drive frekuensi variable?
    2. Parameter apa saja yang diperlukan untuk perhitungan dan penentuan persamaan pompa dalam sistem hidrolik tertutup tersebut?

    Terima kasih atas penjelasannya.

    Assalamualaykum Wr.Wb.

    Like this

  3. pak saya tanya, jika sebuah kontruksi dari mesin solar -pompa hidrolik -motor hidrolik, jika data ahir yang saya pakai adalah torsi pada motor hidrolik 1000Nm dan putaran 125 rpm, maka cara perhitungan mulai dari menetukan mesin dan pompanya gmn ya?
    terimkasih
    email= rudi_zsr@yahoo.com

    Like this

  4. sebelumnya saya ucapkan terima kasih ,,, pertanyaanku adalah bagaimana cara mencari pulley dan V-belt bila outlet pump= 6″ dan Inlet pump = 8″. motor yang ada 55 kw. bagaimana cara mencarinya trims atas jawabannya.

    Like this

  5. Selamat malam pak masduki, kalau boleh saya mau berkonsultasi, saat ini saya sedang menghitung menentukan power motor penggerak dengan system hydrolic, pompa yang di gerakan adalah sebagai berikut:
    - Sliding vane pump, Ebsray v25
    - Kapasitas 45 cc/Rev pada 800 Rpm
    kemudian motor penggeraknya akan di hubungkan kepada hydrolic pump yang menempel di PTO engine truck
    Pertanyaan :
    1. berapa Power pompa penggerak untuk menggerakan pompa FuelEbsray V25?
    2. Berapa power pompa hydraulic yang harus di pasang di PTO engine truck?
    3. Perhitungan rugi2

    mohon bantuannya ya pak

    Terima kasih sebelumnya

    Like this

  6. sebelumnya terima kasih, bagai mana cara menentukan motor elektrik brp pk, pompa hidrolik brp cc dan pressure yg dibutuhkan, hanya mempunyai data ingin mengangkat beban 5 ton? terima kasih

    Like this

  7. assalamualaikum
    mau nanya nih pak, artikel di atas kan untuk menentukan power motor. Yg saya mau tanyakan untuk menentukan kekuatan tekanan hidrolik rumusnya bagaimana pak? Saya sedang mendesain mesin pres untuk tekanan 150ton pake pompa yg 42cc/rev 250bar. Mohon pencerahanya terimakasih

    Like this

  8. numpang nanya kalo Diketahui dari spesifikasi pompa yang digunakan:
    - Parker Hydraulic Pump series F11/F12
    - Volume fluida yang dipindahkan (V) = 2,6 cm3
    - Putaran Pompa (n) = 1500 rpm
    - Effisiensi volume (ηvol) = 0,92
    - Effisiensi total (ηt) = 0.8
    Maka debit aliran pompa pompa (Q):
    daya motor pompa?

    trimakasih

    Like this

  9. mas mintak bantuannya saya punya power pack 80 ltr, silinder hidrolik diameter 10 cm as 5,5 cm panjang 80 cm untuk mendapatkan tekanan 40 ton berapa cc gear pumpnya dan berapa kw elektromotornya kalo pake mesin diesel berapa hp.. terimakasih mas sebelumnya

    Like this

    • Semangat Pagi Mbak Eva, jika tertulis pada spec pompa segitu, artinya jika diputar di bawah 2000 rpm, tak masalah, malah ringan. Kemampuan electro motor dalam menggerakkan pompa hidrolik tergantung pada pressure dan flow yang dibutuhkan. Mungkin Mbak Eva perlu lihat dulu spesifikasi flow nya. Jika ketahuan flow pompanya, silakan dimasukkan pada rumus di atas, hasilnya akan ketahuan apakah power electro motor sanggup atau tidak. Misal, jika tertulis flow 30 cc/rev, maka jika diputar oleh motor 1500 rpm, hasilnya jadi 45 liter/mnt. Jika dibutuhkan pressure 90 bar, artinya akan perlu power motor sebesar 6,75 kW. so, kesimpulannya masih cukup (jika mengikuti contoh di atas, ini sekedar contoh perhitungan ya)

      Like this

  10. terima kasih Bapak atas pencerahannya. Saya ada pompa air dgn elektro motor 7,5 KW rpm elektro motor 1500 rpm transmisi dng belting. Saya ingin menambah flow dengan menaikkan putaran pompa menjadi 3000 rpm. Apakah elektro motor 7,5 KW tsb mampu? Krn sya ada mendengar info apabila di buat seprti itu maka elektro motor akan trip. Mohon pencerahannya lagi yaa Bapak.
    Maturnuhun sangat.

    Salam

    Like this

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s