Merajut Resolusi 2012, Menapaki Hidup Sukses Mulia

Belajar dari guru saya yang sangat saya hormati, Ust. Zamil Azzaini. Beliau mengingatkan saya bahwa resolusi yang kerap kita desain setiap akhir atau awal tahun selayaknya dilengkapi dengan capaian-capaian yang tidak melulu bersifat materi, seperti membeli mobil model terbaru, rumah dengan harga sekian, dan sejenisnya, tetapi juga capaian yang bersifat maknawi. Apa itu? Beliau menyarankan empat langkah untuk merajut resolusi untuk sukses mulia.

  1. Pertama, coba tuliskan sikap dan perilaku positif baru apa yang akan Anda lakukan pada tahun 2012. Sikap dan perilaku ini sebelumnya belum Anda lakukan dan di tahun 2012 Anda benar-benar akan melakukannya. Contohnya: Tahun 2012 saya secara rutin berguru kepada mentor bisnis yang sudah teruji kredibilitasnya.
  2. Kedua, coba tuliskan sikap dan perilaku positif yang akan Anda tingkatkan. Sebenarnya Anda sudah melakukannya di tahun 2011 namun pada tahun 2012 Anda akan lebih meningkatkannya. Contohnya: Tahun 2012 saya akan merutinkan menulis setiap pagi. Resolusi tersebut tentunya cocok buat Anda yang selama ini sudah biasa menulis, entah itu di blog pribadi atau website lain, tetapi masih mengandalkan mood musiman.
  3. Ketiga, coba tuliskan sikap dan perilaku negatif yang benar-benar ingin Anda buang di tahun 2012.  Jadi, jika selama ini Anda sudah menyadari bahwa sikap dan perilaku itu merugikan Anda atau tidak pantas Anda lakukan, maka di tahun 2012 Anda berkomitmen untuk membuang jauh-jauh sikap dan perilaku itu.
  4. Keempat, coba tuliskan sikap dan perilaku negatif yang akan Anda kurangi. Ini menjadi sangat urgent apabila selama ini kebiasaan negatif itu sudah mendarah daging dalam perjalanan hidup Anda.  Anda mungkin sangat sulit membuangnya sekaligus, maka berkomitmenlah untuk membuangnya secara bertahap.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s