Teknik Meningkatkan Fokus pada Keunggulan

Sekedar sharing, di bawah ini saya kutipkan nasehat John C. Maxwell dalam bukunya yang luar biasa, The 21 Indispensable Qualities of Leader, tentang teknik sederhana untuk meningkatkan fokus pada keunggulan kita.

  1. Beralihlah pada keunggulan. Buatlah daftar dari tiga atau empat hal yang bisa Anda lakukan paling baik. Berapa persenkah dari waktu Anda yang digunakan untuk mengerjakannya? Berapa persenkah dari sumber-sumber daya Anda curahkan untuk bidang-bidang yang menjadi kekuatan atau keunggulan Anda ini? Buatlah rencana untuk mengadakan perubahan-perubahan yang memungkinkan Anda mencurahkan 70% dari waktu Anda. Jika tidak bisa, mungkin tiba saatnya untuk mempertimbangkan pergantian pekerjaan atau karier.
  2. Delegasikan kelemahan-kelemahan Anda. Kenali tiga atau empat kegiatan yang diperlukan untuk pekerjaan Anda, namun tidak bisa Anda lakukan dengan baik. Tentukan bagaimana Anda dapat mendelegasikannya kepada orang lain. Apakah itu berarti Anda harus merekrut staf? Dapatkah Anda bekerjasama dengan seorang rekan untuk berbagi tanggung jawab? Kembangkan rencana.
  3. Ciptakan keunggulan. Setelah mempelajari prioritas-prioritas Anda, renungkanlah masalah konsentrasi. Bagaimanakah caranya agar Anda dapat meningkatkan bidang yang menjadi kekuatan atau keunggulan utama Anda? Peralatan baru apakah yang Anda butuhkan? Pikirkanlah kembali cara Anda mengerjakan segalanya dan bersedialah untuk berkorban. Waktu dan uang yang digunakan untuk membawa Anda ke tingkatan berikutnya adalah investasi terbaik yang dapat Anda lakukan.

Mungkin kita masih ingat ujar-ujar yang disampaikan oleh begawan leadership, Peter F. Drucker , Beliau mengatakan, “Misteri sesungguhnya, bukanlah mengapa orang berprestasi buruk, melainkan mengapa mereka berprestasi baik hanya sesekali saja.” So, bagi para pejuang, agar sukses, berfokuslah pada keunggulan Anda dan kembangkanlah itu, karena di sanalah seharusnya Anda mencurahkan waktu, energi, serta sumber-sumber daya Anda. Sukses dan tetap semangat….

One thought on “Teknik Meningkatkan Fokus pada Keunggulan

  1. Setuju. Umur kita terlalu pendek jika hanya fokus pada kekurangan. Belum selesai kekurangan tadi kita tutupi, eh.. jatah hidup sudah selesai. Fokus pada kekuatan adalah solusinya, meskipun mencari kekuatan yang kita miliki juga bukan perkara mudah. 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s