Enam Langkah Menyusun Key Performance Indicator (KPI)

48Richard Y. Chang dalam bukunya yang dahsyat, Performance Scorecard, Measuring The Right Things in The Right World, menyebutkan bahwa ada 6 langkah untuk menyusun pengukuran KPI yang dapat memenuhi kebutuhan para stakeholder, yang disebut sebagai 6C.

  1. Collect. Mencari input pengukuran  dari strategi perusahaan, target bisnis perusahaan, proses inti bisnis, harapan pelanggan, baik internal maupun eksternal, hasil pekerjaan setiap unit kerja dan hasil pekerjaan setiap individu pemegang jabatan dalam unit kerja.
  2. Create. Menemukan key result area yang penting dan key performance indicator yang sejalan bersama pihak atasan.
  3. Cultivate. Melakukan review sistematis atas semua indicator yang telah ditemukan. Tujuannya agar setiap indikator memiliki keterkaitan dan diyakini penting diperhatikan untuk meningkatkan performa perusahaan.
  4. Cascade. Memperkuat hubungan indikator mulai dari level tertinggi sampai ke level operasional.
  5. Connect. Menghubungkan setiap indikator dengan setiap individu pemegang jabatan, memasukkan indikator sebagai pedoman perencanaan pekerjaan dan melakukan aktivitas coaching and counseling selama proses pekerjaan.
  6. Confirm. Mengevaluasi efektivitas indikator yang telah dipakai, mengecek apakah perusahaan telah memilih indikator yang teat, memperbaiki sistem pengukuran performance sesuai dengan perkembangan yang muncul.

So, setiap pekerjaan atau proses bisnis pastinye memiliki ukuran keberhasilan, karena tanpa ukuran keberhasilan, sulit mengevaluasi sejauh mana seseorang atau suatu proses bisnis dapat dikatakan efektif. ‘Ala kulli hal, kepada para manajer pejuang, sudah saatnya kita mentelengin pencapaian KPI timnya masing-masing sekaligus tak sungkan untuk terus mengevaluasi indikator yang diterapkan. Tetap Semangat…

Source: Darmin Ahmad Pella. 2010. 7S-CPM The Seven Step of Corporate Performance Management Transformation The Secret to Increase Business Result, hal. 65-66, Jakarta: Penerbit Republika.

3 thoughts on “Enam Langkah Menyusun Key Performance Indicator (KPI)

  1. Subhanallah… artikel yang luar biasa.. tks telah menyemangati.. ijin copy berapa tulisan, tks waslmkm

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s