Hari Pertama Ngajar di Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT)

How to Be Successful Students Cover1Kupacu kendaraanku agak kencang karena takut aku telat ketemu para mahasiswa. Hari ini aku memulai aktivitas keluyuran ilmiah dengan menjadi dosen pengajar MSDM di Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT). Senang rasanya hendak berbagi ilmu dengan mereka yang memang haus pengetahuan. Agak tersendat di pintu tol Tangerang tapi alhamdulillah sampai juga di kampus lebih awal dari yang kuduga.

Hari pertama ini aku sharing dengan para mahasiswa semester VII Jurusan Teknik Industri dengan tema “How to Be Successful Students“. Sungguh aku ingin dan sangat berharap, selepas mereka bertemu denganku di kelas ini satu semester, mereka mendapatkan “sesuatu banget” untuk mereka aplikasikan dalam kehidupan real mereka. Tak bisa dipungkiri bahwa, beban hidup makin hari makin tak mudah, kecuali bagi mereka yang penuh persiapan menghadapi tantangan hidupnya. Aku sampaikan, kalau hari ini yang membanjiri negara kita adalah produk dari negeri panda, china, maka sangat mungkin, sepuluh tahun ke depan, yang membanjiri negeri ini tidak hanya produk wadagnya, tapi hingga orangnya. orang-orang negeri panda itu niscaya akan menjadi tuan-tuan kita, warga negeri Indonesia, jikalau  kita tak mempersiapkan diri untuk memenangkan pesaingan dengan mereka atau warga dari negara lain.

Kita tak mungkin mengelak, jika ASEAN Economic Community (AEC) diberlakukan mulai tahun 2015 nanti. Semoga, kita tak tergopoh-gopoh bahkan semoga tidak bengak-bengok, kala waktu itu tiba. Semoga kita bisa belajar dari ketidaksiapan kita kala memasuki China-ASEAN Free Trade Area (CAFTA) tahun 2013 yang lalu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s