Kisahku Bersama Kelas Al-Kindi di Hari Pertama Sekolah

Tulisan salah satu guru kreatif SD Aya Sophia Islamic School di blog beliau: http://ririnrachmy.blogspot.com/2014/08/kisahku-bersama-al-kindi-hari-ke-1.html :

Rabu, 6 Agustus 2014
Hari pertama mengajarku sebagai wali kelas di sekolah SDIT Aya Sophia Islamic School, aku mengajar di kelas 3  yang bernama Al-Kindi.
Hari pertama yang sangat membingungkan bagi saya sebagai seorang guru karena sudah memulai memakai kurikulum 2013 dan ternyata buku belum sampai dan saya bingung apa yang harus saya ajarkan. yah semalaman saya berfikir apa yang harus saya lakukan untuk esok hari bagaimana saya harus menjadi guru yang kreatif dan esok harus belajar pastinya.
Akhirnya setelah berfikir lama idepun muncul,Alhamdulillah memang jika kita melakukan suatu pekerjaan dengan penuh cinta jalanpun pasti memudahkannya. Yeaah I LOve menjadi seorang guru,eits bukan guru abal – abal yang hanya bergerak kalo ada duit malah cuman pengen nyari gajinya aja,,,haduukh na’udzubillah. Saya ingin menjadi guru yang terus mencari kecintaan-Nya pada Rabbku terus mencari keRidhoan-Nya supaya menjadi seorang guru yang masuk Syurga berkat murid-muridnya aamiin ya Rabbal’alamiin.
Diawali dengan Sholat Dhuha dan Muroja’ah.Saya Bangga karena Anak didik kelas 3 dan 4 SD sudah berani sekali untuk adzan,qomat,bahkan menjadi seorang imam dengan suara merdu khas anak – anak. Lalu dilanjut dengan BSI oleh Ayah Endang. Jadi Sedih karena suasana disana Sepi hanya ada kelas 3 dan 4 dan 2 orang guru cantik menemaninya yah wali kelasnya itu.hehe,,,kangen ngumpul bareng bunda-bunda lainnya.Semoga Tahun depan  semuanya bisa berkumpul dan bisa melakukan aktifitas bersama.
Masuk di kelas menulis Diary,membiasakan anak sedari dini untuk merangkai kata – kata ungkapan keseharian mereka adalah salah satu cara menjadi seorang penulis terkenal kelak aamiin,,, diari itupun saya berikan Tema “Bagaimana Perasaan Kalian Berada di Sekolah Baru dan Kelas Baru” diberi waktu 15 menit. Sebelum saya periksa diary mereka itu saya membagi 2 kelompok dan Memberikan Tema untuk dipelajari hari ini yaitu “LINGKUNGAN INDAH” saya tanyakan fikiran mereka tentang apa itu lingkungan indah dalam 1 Kata yang Mereka tulis.dan saya Tanya 1 per 1 jawabannya beragam ada yang mengatakan Bersih, Indah dipandang Mata,Udara yang Segar, Tanaman Hijau, Sejuk, dll. Waaah suatu moment ketika mendengar jawaban mereka yang sesuai dengan tema berarti mereka sudah paham dengan tema tersebut.lalu beberapa anak saya tantang untuk menjelaskan tema tersebut lebih panjang Alul,astri menjawab dengan penuh yakin,makin berbinar saya mengajarnya.diakhir penjelasan mereka saya masukan hadist tentang kebersihan yaitu “Annadzofatul minal iman” Kebersihan itu sebagian dari iman (HR.Muslim).
Dengan Tema yang saya usungkan itu pastinya sesuai kurikulum saya mengajarkan semua mata pelajaran yang sesuai dengan tema.Saya sudah menyiapkan 2 kain Putih polos,cat air,manik,dan spidol.saya menyiapkan itu untuk menutup kaki meja di belakang untuk dijadikan meja tempat mini perpus dan menyimpan alat”.dan Merekapun semangat mengerjakannya inti kegiatan tersebut bagaimana mengubah kain polos itu menjadi indah.yah namanya anak- anak saya bebaskan mereka berkreasi dan mengeluarkan ide”nya dan saya senang anak didiku yang satu ini Alul namanya dia memang sangat suka kalo dalam hal Seni dan itu harus digali bakatnya.dan hasilnya seperti ini.

Bel istirahatpun berbunyi,setelah kembali masuk sedikit untuk kegiatan menulis saya ajarkan materi IPA tentang ciri-ciri makhluk hidup. Anak – anak sangat serius dalam belajar dan betul-betul memperhatikan dan ada keinginan mau BISA karena itu saya senang melakukannya.

 

Pelajaran English gak masuk akhirnya memberi tugas untuk bereksperimen esok hari.Tunggu Kisah eksperimen kita yah!!! ^_^

Hari pun menjelang siang sudah mulai kegerahan akhirnya saya mengajak anak – anak untuk keluar sekolah merasakan angin sepoi – sepoi dan pepohonan saya ajak untuk mengeluarkan ide meraka dan mencari apakah mereka punya bakat untuk menjadi seorang penulis??? 😀 melihat mereka sungguh senang sekali karena cuaca panas angin sepoi – sepoi membuat mereka nyaman menulis dan serius sekali mengerjakannya. Yang Saya tau juga diwaktu siang adalah saat yang tepat untuk menulis dan berimajinasi dalam tulisannya.

Jarum jampun menunjukan angka 12 kurang 10 menit yang artinya waktunya habis karena bersiap-siap melakukan sholat dzhuhur dan makan siang. Dan setelah saya periksa tulisan mereka akhirnyaa saya menemukan 3 anak yang akan berbakat menjadi seorang penulis dengan kata-kata indah mereka, yaitu Humaira, Astri, dan Pasca. Ini dia karya mereka:

Pasca:
Astri :
Humaira :

inilah Kisahku Bersama Al-Kindi hari pertama.Insya Allah kisah selanjutnya akan kutulis keesokan harinya 🙂 so Stay terus yah mendengar kisahku selanjutnya.Menjadi guru adalah sebaik – baaiknya pekerjaan dan tak ternilai pahalanya jika dilakukan dengan ikhlas insya allah.Mendidik anak yang baik adalah jadikanlah diri kita seperti anak – anak yang tau apa yang dimau mereka pastipun kita akan mengetahuinya. Tetep Fun dan Semangat. Allah Tujuanku dan Nabi Muhammad sebagai Tauladanku. BYeee…Bye,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s