Memilih Sekolah Terbaik untuk Si Buah Hati

Tak dipungkiri, setiap masa awal tahun, tidak saja kita berfikir keras untuk menetapkan resolusi untuk setahun yang akan kita jalani, juga sebagai orang tua, kita disibukkan untuk memilih sekolah terbaik untuk putra-putri kita yang akan masuk sekolah baru nanti di sekitaran bulan Juli-Agustus.  Sebagai bagian dari sharing session dengan para orang tua, saya ingin menyampaikan subyektivitas saya tentang sekolah pilihan di sekitaran Citra Raya Tangerang. Semoga menjadi tambahan informasi untuk para orang tua yang sedang punya hajat yang sama, seperti saya.

Jenjang SMA/ SMK

Tak banyak sekolah untuk jenjang ini, tapi cukup lah ada beberapa sekolah yang bisa menjadi pilihan bagus untuk si buah hati. Pilihan pertama bagi yang hendak ke SMA Negeri adalah SMAN 3 Kab. Tangerang (dulu namanya SMAN 1 Curug), dilanjutkan pilihan berikutnya adalah SMN 4 Kab. Tangerang (dulu namanya SMAN 1 Cikupa) dan terakhir SMAN 15 Kab. Tangerang (dulu namanya SMAN 1 Panongan). Sedangkan bagi orang tua yang ingin membekali anak tercinta dengan pengetahuan vokasi, bisa memilih SMKN 1 Kab. Tangerang (dulu namanya SMKN 1 Panongan), menurut saya sekolah ini merupakan SMK terbaik di Kab. Tangerang. Begitu pula untuk pilihan sekolah Islam terpadu jenjang SMA, yang layak tercatat baru SMA Citra Islami. So, tak ada pilihan lain. Sedangkan untuk sekolah Kristen ada pilihan antara SMA Tarakanita dan SMA Citra Berkat. Ada juga sekolah Budha, yakni SMA/ SMK Atisa Dipamkara.

Jenjang SMP/ MTs

Ada sekolah negeri yang layak saya sebut di urutan pertama, yakni SMPN 1 Curug, sedangkan urutan berikutnya, satu sama lain hampir mirip dengan standar mutu yang relatif sama, ada cukup banyak SMP di daerah Citra Raya dan sekitarnya, di antaranya SMPN 1 Cikupa, SMPN 2 Curug, SMPN 1 Panongan dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk SMP Islam terpadu, layak saya sebut sebagai urutan teratas adalah SMPIT Al Fatih, kemudian SMPIT Citra Islami. Sementara untuk sekolah Kristen, yang layak menempati urutan atas pertimbangan orang tua adalah Tarakanita dan Citra Berkat. Ada yang menarik di Sekolah Citra Berkat, yakni dengan muatan entrepreneurship nya. Nampaknya, sekolah Pak Ci ini sedang berupaya mengintrodusir konsep entrepreneur Pak Ci dalam kurikulum sekolah.

Jenjang SD/MI

Jumlah sekolah dasar di sekitaran Citra Raya sangat banyak bejibun hanya untuk pertimbangan orang tua sebagai pilihan utama, memang masih pada sekolah swasta Islam, sebutlah SD IT Citra Islami, SDIT Al- Fatih. Sedangkan SD Negeri, cukup banyak pilihan, di antaranya SDN Mekarbakti yang posisinya di tengah Cluster Graha Pesona. Untuk Sekolah Kristen, ada SD Citra Berkat, SD Lentera Harapan, dan SD Gita Bangsa.

Jenjang TK/ PAUD

Tempat pendidikan anak usia TK/ PAUD memang menjadi perhatian orangtua usia muda, jumlah keluarga muda memang booming di Citra Raya. Untuk jenjang Taman Kanak-kanak atau PAUD, bisa di sebut urutan pertama adalah TK Islam Aya Sophia, sekolah ini memang dikenal banyak menyabet penghargaan mulai tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional. Tak pelak, Kepala Sekolahnya sering diminta wira-wiri ikut menginspirasi para guru di tingkat kabupaten dan provinsi. Urutan berikutnya adalah TK Citra Islami, dan TK Citra Berkat (untuk kalangan keluarga Kristen dan Tionghoa banyak di sini).

Demikian setidaknya daftar sekolah yang bisa disebutkan, tentu masih ada sekolah yang belum tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya setiap orang tua bisa berkunjung ke sekolah yang menjadi target tujuan menitipkan putra-putrinya. Salah satu tips melihat kualitas sekolah adalah, perhatikan kesungguhan kepala sekolah dan guru-gurunya dalam mengajar dan mendidik anak-anaknya. So, sebaik-baiknya waktu observasi adalah ketika jam KBM berlangsung. Kita bisa melihat suasana sekolah real-nya. Selamat menitipkan putra-putri tercinta kita di sekolah-sekolah terbaik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s