MENJADI PROAKTIF DENGAN FOKUS PADA KEUNGGULAN

Inspirasi buku #fokussatuhebat 2“Jika kamu sudah mengazamkan suatu urusan maka bertawakallah kepada Allah.” (QS. Ali Imran: 159)

Manusia diberikan kebebasan memilih dalam hidup. Allah telah mengaruniakan perangkat tersebut ke dalam diri manusia. Pikiran dan jiwa, hawa nafsu hingga hati dan panca indra merupakan tanda-tanda kekuasaan Allah yang digunakan manusia untuk merenungkan dan memikirkan terhadap kehidupan dan alam semesta ini.

Dalam kebebasan untuk memilih terdapat anugerah Allah yang menjadikan kita sebagai manusia yang unik. Selain pikiran sadar, manusia juga memiliki daya khayal yang membuatnya keluar dari kondisi realita yang sekarang. Kita memiliki hati yang dapat memilih baik dan buruknya suatu tindakan, seperti disebutkan dalam hadist, “…bahwa ada segumpulan daging dalam tubuh manusia apabila ia rusak maka rusaklah manusia dan apabila ia baik baiklah manusia, itulah kalbu (hati).”

Hati membuat manusia memiliki prinsip mengetahui kebaikan dan keburukan. Di atas prinsip inilah, pikiran kita diselaraskan untuk menghasilkan perilaku dan perbuatan yang akhirnya menjadi kebiasaan. DARI KEBIASAAN BERUJUNG PADA TABIAT ATAU KARAKTER YANG AKHIRNYA AKAN MENENTUKAN SIAPAKAH KITA.

Dalam buku Tujuh Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif, Steven R Covey menjelaskan pada dasarnya manusia memiliki kehendak bebas untuk memilih tindakan yang menjadi kebiasaan manusia hingga menjadikan karakter di dalam dirinya, yaitu menjadi MANUSIA REAKTIF atau MANUSIA PROAKTIF.

Menjadi manusia reaktif adalah tipe manusia yang memfokuskan dirinya pada kekhawatiran terhadap lingkungannya, lebih banyak memfokuskan pada kelemahan diri dan orang lain, dan pada keadaan yang atasnya mereka tidak memiliki kendali. Energi negatif yang dihasilkan pada arah fokus ini adalah sikap menyalahkan dan menuduh, bahasa yang reaktif, dan memposisikan diri sebagai objek penderita dan korban keganasan zaman.

Sedangkan tipe manusia yang kedua adalah proaktif, manusia tipe ini memfokuskan upaya mereka untuk pengaruhi lingkungan. Mereka mengajarkan dirinya untuk dapat berbuat sesuatu. Sifat dan energi mereka senantiasa positif dan meluaskan lingkaran pengaruh mereka terhadap lingkungan. Akhirnya, mereka cenderung memperbaiki diri dan sumber daya yang dimiliki dan bukannya malah khawatir soal keadaan, justru merekalah yang mampu mempengaruhi keadaan tersebut.

Fokus menjadi suatu hal yang sangat penting dalam segala aktivitas baik itu bisnis, karir, studi, impian dan harapan. Karena ketika kita fokus pada satu peluang maka kita akan dapat optimasi untuk mengejar dan mendapatkan peluang tersebut sehingga kita memiliki harapan. Dengan harapan manusia memiliki semangat hidup dan berusaha untuk mengendalikan kehidupannya. Kita dapat mempersiapkan dengan optimal apa saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan peluang. Kita juga akan lebih mudah untuk berkonsentrasi di dalam mengejar peluang tersebut.

Jangan kacaukan pikiran dan konsentrasi kita dalam mengejar dan mendapatkan peluang dengan arah fokus yang salah. Kita sering kali terjebak dengan fokus pada kelemahan diri dan ancaman dari pesaing hingga menyebabkan kita memiliki sikap pesimistis yang berkepanjangan, tidak PD (percaya diri) dan menimbulkan dampak kegelisahan yang tidak berkesudahan. Sebenarnya ada baiknya kita melihat kelemahan diri dan ancaman dari pesaing, namun itu semua dalam rangka mengevaluasi agar kita dapat tumbuh dan memperbaiki diri dalam membuat strategi perbaikan.

FOKUS PADA KEKUATAN DAN PELUANG HARUS LEBIH MENDOMINASI DALAM BENAK PIKIRAN KITA KETIMBANG FOKUS PADA KELEMAHAN DIRI DAN ANCAMAN DARI PESAING ATAU MUSUH, sehingga kita selalu diliputi rasa optimis dalam memenangkan “pertempuran” karena keyakinan diri yang bermuara dari rasa optimis akan membangkitkan energi dahsyat yang berada di bawah pikiran sadar kita!

Bukankah kita hanya dibatasi oleh langit yang sangat tinggi di dunia ini oleh Allah?

Salam #FokusSatuHebat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s