PERCEPTUAL BLIND SPOT

Inspirasi Buku Fokus Satu Hebat 26Suatu pagi, ketika saya hendak berangkat ke kantor. Saya mencari charger HP yang biasa saya bawa kalau ke kantor. Sepuluh menit mencari tak kunjung juga ketemu. Akhirnya, saya menyerah dan bertanya ke istri tercinta, “Bunda, charger ayah di mana ya? Lihat enggak?” “Itu di atas meja belajar, Ayah sayaang” Istri saya menyahut dari dapur. Saya dengan semangat mencari di area meja belajar, tapi na’as, tak juga kunjung ketemu itu charger. Istri saya menyambung, “Cari dengan teliti Yah, ada kok, tadi Bunda liat”. Untuk kedua kalinya saya menyerah dan minta bantuan istri untuk menunjukkan posisi persisnya charger. Akhirnya istri saya menghampiri sambil berkata, “Ini kan yang Ayah cari?”. Sambil nyengir kuda, saya membatin, “Padahal dari tadi juga nyari di situ, kok enggak keliatan ya tadi, barang segede itu dan sejelas itu.”

Pernahkah Anda mengalami hal seperti hal di atas? Mengapa hal itu bisa terjadi? Dalam psikologi, ini di sebut schematoma atau perceptual blind spot (titik buta persepsi). Ini salah satu contoh paling umum tentang bagaimana sebuah keyakinan akan menghapus apa yang Anda lihat. Jika Anda terus-menerus meyakinkan diri bahwa Anda tidak akan bisa menemukan charger, maka otak Anda akan menghapus gambar charger dalam benak Anda, meskipun mata Anda secara fisik menangkap bentuk charger tersebut.

Demikian pula, jika Anda yakin tidak ada peluang di sekitar Anda dan situasi sedang sulit, maka Anda akan menghapus segala hal yang tidak mendukung keyakinan Anda. Dan Anda akan mengalami kesulitan beneran. Mau? Tentu tidak.

Salam #FokusSatuHebat

kangmasduki.com

edukator soft skills

SOFT SKILLS INSTITUTE

Training-Coaching-Consulting

care@softskills.web.id

0813-8099-3677

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s