MEMPERKUAT EPOS

Inspirasi dari Soft Skills Institute 33Khairun naas ‘anfa’uhum linnaas, demikian Kanjeng Nabi mengibaratkan eksistensi manusia. Manusia hidup mesti memberikan manfaat kepada manusia lainnya. Artinya, jikalau manusia tidak bermanfaat kepada manusia lainnya, apalagi membawa bencana, sejatinya dia telah mati sebelum mati. Dalam istilah lain, bentuk manfaat ini bisa disebut energi positif (epos).

Alam ini diciptakan dengan begitu banyak pelajaran dan tamsil. Pantes saja jikalau di dalam kitab suci bertebaran kisah tentang fenomena alam semesta untuk dijadikan hikmah kehidupan. Di antaranya, ada surat yang bernama al-Hadiid, yang bermakna besi, ar-Ra’d yang berarti petir, an-Naml yang berarti semut, an-Nahl yang maknanya lebah, dan lain sebagainya.

Nah, terkait judul artikel di atas. Bagaimana memperkuat epos?

Saya ingin mengajak kita untuk melihat fenomena medan magnet guna mempermudah pemahaman tentang bagaimana memperkuat epos. Dalam fenomena magnet ini, setidaknya, ada tiga cara untuk memperkuat medan magnet, yakni: membuat inti besi pada kumparan, memperbesar arus yang mengalir pada kumparan, dan menambah jumlah kumparan.

Jadi, mengibaratkan fenomena medan magnet. Setidaknya ada tiga cara untuk memeperkuat epos kita, yakni:

Pertama, fokus pada bakat. Bakat ibarat inti besi dalam magnet. Bakatlah yang mengarahkan kita untuk bisa ajeg dan fokus melakoni penempaan 10.000 jam deliberated practice ala buku Outliers. Tanpa bakat, akan sulit untuk tekun melampaui rumus waktu meraih expert yang diajarkan oleh Malcoml Gladwell tersebut. Fenomena magnet juga mengajarkan kita untuk bergerak searah. Fokus.

Kedua, berguru pada mentor yang mumpuni. Ibarat memperbesar arus yang mengalir pada kumparan. Ilmu yang kita serap dari mentor mumpuni akan menjadikan kita kaya banyak hal. Kaya dalam harta, tahta, kata (ilmu), dan cinta. Hanya mereka yang memiliki kekayaan yang bisa berbagi.

Ketiga, menambah networking. Ibarat menambah jumlah kumparan dalam medan magnet. Era kini, modal terbesar untuk sukses di dunia usaha dan profesi bukan lagi semata uang, tapi lebih pada networking, koneksi, jaringan, pertemanan, dan istilah yang semakna lainnya.

Oleh karena itu, yuk kita berlomba untuk memperkuat epos sehingga kita bisa memberikan nilai tambah bagi orang-orang yang kita cintai. Untuk menaikkan level sukses dan mulianya kehidupan kita, di dunia dan di akhirat kelak.

Salam #FokusSatuHebat

kangmasduki.com

edukator soft skills

SOFT SKILLS INSTITUTE

Training-Coaching-Consulting

care@softskills.web.id

0813-8099-3677

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s