MENGASAH KECERDASAN

Inspirasi dari Soft Skills Institute 37“Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” (QS. At Tiin: 4). “Dan sungguh Kami telah memuliakan anak Adam.” (QS. Al Isra: 70)

Pernyataan di dalam Al-Qur’an di atas menjadi sinyalemen pasti bahwa kita semua disetting untuk hidup dengan sukses dan mulia. Mengapa? Karena Sang Maha Pencipta telah memberikan bekal resources yang cukup untuk itu. Hanya saja, kadang kita mengabaikan karunia sumber daya yang ada di dalam diri kita. Sadar ataupun tidak.

Mengibaratkan ilmu magnet. Setiap besi berpotensi untuk menjadi magnet yang kuat, karena besi adalah benda magnetik. Hanya saja, mengapa sebagian besi tidak menjadi magnet? Ceritanya begini: Di dalam setiap besi sesungguhnya ada banyak sejenis partikel magnet-magnet kecil yang disebut magnet elementer. Nah, nasib besi yang masih belum menjadi magnet itu dikarenakan susunan magnet elementernya masih acak, tak beraturan.

Maka, jika kita hendak menjadikan besi sebagai magnet, jadikan magnet-magnet elementer di dalamnya teratur dan searah. Bagaimana caranya? Besi digosok dengan salah satu ujung magnet tetap (maksudnya: besi lain yang sudah menjadi magnet tetap). Arah gosokan dibuat  searah agar magnet elementer yang terdapat pada  besi (yang hendak kita jadikan magnet)  letaknya  menjadi   teratur  dan  mengarah ke  satu  arah.

Pelajarannya adalah bahwa setiap diri kita bisa menjadi mentor yang memiliki daya tarik kebaikan. Kita bisa jadi mentor tatkala kita sudah mampu menyelesaikan masalah individual kita. Maka, jadilah kita magnet tetap yang memuliakan orang-orang di sekitar kita dengan berbagi epos, mengasah, menggosok, dan mengarahkan mereka dengan setiap ujung kemampuan terbaik kita.

Sedangkan bagi kita para pembelajar. Jadilah besi yang ikhlas dididik, digosok, diasah, dan diarahkan, karena dengan itu hidup kita bisa terarah, fokus dan tidak acak. Asah kecerdasan.

Semua kita, pada saat yang sama bisa menjadi mentor dan pembelajar. Terus-menerus. Hingga habis jatah waktu kita di dunia. Ambillah jatah itu dan gantilah dengan kebaikan demi kebaikan.

Salam #FokusSatuHebat

kangmasduki.com
Inspirator #FokusSatuHebat

SOFT SKILLS INSTITUTE
Training-Coaching-Consulting
care@softskills.web.id
0813-8099-3677

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s