DI ANTARA KEMAMPUAN DAN KEMAUAN

Inspirasi dari Soft Skills Institute 38“Kemampuan adalah apa yang bisa Anda lakukan, sedangkan kemauan menentukan apa yang Anda kerjakan.”

Di salah satu hari libur saya menyengaja bertemu dengan salah satu mentor saya. Beliau adalah pribadi luar biasa yang saya pilih sebagai mentor dan salah satu guru kehidupan saya. Saat ini beliau memegang amanah sebagai Managing Director Bank Tabungan Negara. Tentu beliau adalah Bang Irman Alvian Zahiruddin. Dalam kesempatan ini saya bukan untuk mengulas perbangkannya, tapi lebih pada meresapi nasehat beliau terkait dengan etos kerja dan passion.

Beliau berkisah, “Suatu hari seorang profesor pergi ke ke suatu proyek konstruksi bangunan megah yang sedang dikerjakan, beliau menghampiri dua orang pekerja bangunan yang tengah sibuk menyusun batu bata. Kepada satu di antara mereka bertanyalah sang profesor, “ Bapak, apa yang sedang Anda lakukan?” “ Saya hanya melakukan apa yang diminta untuk dilakukan.” Jawab pekerja pertama. “Saya mengerti, apa yang saya kerjakan tidaklah biasa. Bahkan teramat susah untuk disebut sebagai sebuah pekerjaan, tapi saya dibayar 90.000 per hari dan sama seperti orang lain, dan saya memiliki banyak tagihan yang harus saya bayar, juga tanggungan anak dan isteri, Karenanya, saya tidak akan mengeluh.” Jawab pekerja pertama.

Sang Profesor pun berlalu meninggalkan pekerja pertama, tak lupa ia mengucapkan terima kasih. Ketika dari kejauhan ia melihat seorang pekerja yang teramat berbeda dengan para pekerja lainnya. Ia tampak begitu semangat dan sangat menikmati pekerjaannya, wajahnya terlihat berseri-seri. Penasaran dengan pekerja ini, profesor pun mendekat, lalu bertanya. “ Bapak, apa yang sedang Anda lakukan, hingga Anda terlihat begitu semangat?” Penyusun Batu bata ini mendongak dan tersenyum dan dengan sinar berbinar di matanya ia menjawab, “Apakah Anda tidak melihat, kalau saya sedang membangun sebuah gedung termegah di negara ini.” Saya bangga dengan pekerjaan ini, akan saya ceritakan nanti pada anak cucu saya.” Demikian kisah dari Bang Irman.

Apa sesungguhnya yang membedakan mereka? Mengapa seseorang begitu semangat, sementara yang lain tidak? Mengapa yang satu begitu mudah menyelesaikan pekerjaannya dan selalu tepat waktu, sedang yang lain sering lambat? Dan kita pun sudah sama-sama tahu jawabannya. Yaitu Sikap dan cara pandang yang kemudian berujung rasa suka dan tidak suka. Itulah Passion. Apa itu Passion ? Passion itu adalah cinta dari apa yang kita lakukan sehingga benar-benar enjoy dan bertumbuh serta bisa menghasilkan dan dihargai. Dengan passion membuat kita berpeluang besar di kenal ahli di bidang yang kita tekuni.

Sudahkah mengetahui passion Anda? Jika belum, segera temukan sinyal passion Anda dengan mengoptimalkan mesin kecerdasan Anda. Bagaimana caranya? Anda bisa menghubungi salah satu pegiat STIFIn di kota Anda atau bisa menghubungi melalui saluran di bawah ini: 0813-8099-3677 (Ida), 0856-8024-150 (Hadi), 0822-1318-0602 (Wafa), 0822-2018-1234 (Yudi).

Agar kerja kita bernilai ibadah maka,
Pertama, harus diniatkan sebagai cara mendekatkan diri kepada Allah.
Kedua, cara yang dilakukan harus benar, tidak melanggar aturan Allah dan Rasul-Nya.
Ketiga, harus enjoy, tulus dan senang.

Semoga dengan demikian kerja-kerja kita bisa bernilai ibadah,penghasilan berlimpah, pahala terus bertambah, dan hidup semakin sukses, mulia dan berkah.

Salam ‪#‎FokusSatuHebat‬

kangmasduki.com
edukator soft skills

SOFT SKILLS INSTITUTE
Training-Coaching-Consulting
care@softskills.web.id
0813-8099-3677

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s