MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA

Inspirasi dari Soft Skills Institute 41Judul tulisan ini saya kutip dari pemaparan Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Bapak Ir. Harris Iskandar, Ph.D pada pembukaan Acara Sosialisasi Program Pendidikan Keluarga Pada Mitra Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga. Beliau menjelaskan bahwa kemajuan sebuah bangsa di abad ke-21 ini tidak semata pada meningkatnya pendidikan insan atau SDM nya semata, tetapi juga tak kalah mendesak adalah membangun ekosistem pendidikan. Hal ini justru sejalan dengan rumusan tujuan berbangsa dari para founding father bangsa, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Jadi yang dimaknai adalah kehidupannya, bukan semata pribadi manusianya. Walhasil membangun apa yang disebut ekosistem pendidikan menjadi penting dan mendesak. Siapa ekosistem pendidikan ini? Mereka adalah keluarga dan masyarakat, termasuk juga konsultan pendidikan.

Disampaikan pula oleh beliau, bahwa kecerdasan SDM sebuah bangsa ditandai dengan meningkatnya 5K berikut: Komunikasi, Kolaborasi, (Berpikir) Kritis, Kreativitas, dan Karakter. Di akhir pemaparannya yang disampaikan di Hotel Grand Serpong tersebut, beliau mengajak segenap ekosistem pendidikan untuk turut berkolaborasi membangun kehidupan berbangsa di negeri yang kta cintai ini.

Insya Allah, buku Fokus Satu Hebat yang sempat saya hadiahkan ke beliau ini bisa menjadi salah satu ikon sumbangsih untuk memenuhi kebutuhan meningkatkan karakter unggul dalam hal moral dan kinerja para pelaku dan peserta didik, wallaahu a’lam.

Salam #FokusSatuHebat.

kangmasduki.com
edukator soft skills

SOFT SKILLS INSTITUTE
Training-Coaching-Consulting
care@softskills.web.id
0813-8099-3677

NB:
Bagi yang membutuhkan informasi tentang buku Fokus Satu Hebat, silakan menghubungi 0813-8099-3677.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s