WABAH “TIDAK INGIN”

Inspirasi dari Soft Skills Institute 50Salah satu sebab mengapa orang tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan adalah karena mereka lebih memikirkan apa yang tidak mereka inginkan daripada apa yang mereka inginkan.

Menurut saya, kondisi ini merupakan suatu wabah yang perlu diobati. Iya, wabah itu adalah wabah “tidak ingin”. Kita terus memelihara wabah ini ketika kita fokus pada memikirkan, berbicara, dan bertindak, pada apa yang “tidak kita inginkan”.

Segala sesuatu yang Anda beri fokus dan perhatian pada sebagian besar waktu Anda, maka ia akan terwujud, biidznillah. Sebab pada saat Anda fokus pada sesuatu, maka sebenarnya Anda sedang menariknya.

Ada pameo masyarakat dulu yang berbunyi “Siapa yang takut jin Ifrit, maka ia akan melihatnya”. Ketakutan akan membuat Anda memikirkan sesuatu yang tidak diinginkan. Apabila Anda berkonsentrasi padanya maka Anda pasti akan menemukannya. Tetapi, kabar gembiranya adalah, hukum tarik-menarik akan menghadirkan sesuatu yang Anda takuti ketika Anda terus fokus dan menghabiskan waktu untuk memikirkan ketakutan itu. Hukum tarik-menarik juga akan menghadirkan kebahagiaan, kekayaan, kejayaan dan hal-hal positif lain, jika Anda fokus berpikir tentang hal-hal positif tersebut.

Mulailah mengubah pikiran negatif Anda menjadi pikiran positif. Ubahlah sikap dari memikirkan hal-hal yang tidak Anda inginkan ke arah memikirkan hal-hal yang Anda inginkan. Daripada berkata “Aku tidak ingin terus-terusan dalam keadaan miskin” lebih baik Anda berkata “ Aku harus segera menjadi orang yang tercukupi kebutuhannya”. Lebih baik berkata “Aku ingin pekerjaan baru yang lebih nyaman” daripada“ Aku sudah tidak betah dengan pekerjaan yang membosankan ini”.

Selanjutnya, fokuskan pikiran kepada keinginan secara lebih mendetail. Misal, jika Anda menginginkan rumah sendiri, rumah type berapa yang Anda inginkan? Kapan harus punya? Di daerah mana lokasinya? Seperti apa perabotnya? Karena hal-hal detail ini akan semakin memperkuat keinginan Anda. Bayangkan Anda sudah berada di rumah itu, menikmati nyamannya sofa empuk dan sejuknya AC di dalamnya. Usahakan sampai berasa seolah nyata, senyata mungkin. Bayangkan selalu kenyamanan itu sehingga sulit hilang dari ingatan.

Lakukan hal yang sama pada keinginan kita lainnya, misal kita ingin memiliki usaha. Bayangkan usaha kita sudah berjalan dengan segala profit yang besar setiap bulannya dan kondisi menyenangkan lainnya.

Demikian juga tatkala Anda menginginkan Surga. Detilkan keindahan Surga sebagaimana disebutkan dalam banyak ayat Al-Qur’an dan hadits Nabi yang mulia.

Fokuskan pikiran Anda pada hal-hal yang Anda inginkan dengan segala detailnya. Barengilah dengan doa dan usaha, Insya Allah sebagaimana hukum tarik-menarik, doa itu akan menarik keinginan tersebut kepada Anda. Wallahu a’lam.

Jika bermanfaat, insya Allah nge-share artikel ini bagian dari ‪#‎SedekahIlmu‬.

Salam ‪#‎FokusSatuHebat‬.

kangmasduki.com
edukator soft skills

SOFT SKILLS INSTITUTE
Training-Coaching-Consulting
care@softskills.web.id
0813-8099-3677

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s