MEMBACA AKTIF BUKU FOKUS SATU HEBAT

Inspirasi dari Soft Skills Institute 51(Bagaimana Menyerap Gizi Buku ‪#‎FokusSatuHebat‬ Secara Maksimal)

Tip ini diilhami oleh buku “Andaikan Buku itu Sepotong Pizza”. Penulis buku ini mengingatkan saya tentang pentingnya active reading. Membaca bagi saya merupakan salah satu proses belajar. Bentuk belajar yang tidak dibatasi tempat dan waktu. Lalu bagaimana teknik “active reading” ini diterapkan ketika kita membaca buku #FokusSatuHebat (FSH)?

PERTAMA, bertanyalah kepada diri Anda sendiri saat punya kemauan membaca buku FSH atau kebetulan sedang memegang buku FSH untuk dibaca. Apa manfaat membaca buku ini bagiku? Dengan membiasakan bertanya seperti ini, ada kemungkinan anda kemudian dapat mengawali pembacaan dengan sesuatu yang membuat Anda langsung menemukan manfaat luar biasa bagi diri Anda.

KEDUA, ketika memulai membaca buku FSH, cobalah untuk membiasakan diri tidak melewatkan satu kata pun yang tidak Anda mengerti. Satu-satunya alasan seseorang berhenti membaca atau menjadi bingung (dan tidak melanjutkan pembacaannya) adalah karena dia telah melewatkan kata yang tidak dia pahami artinya.

KETIGA, ambillah jeda. Hindari untuk terus-menerus membaca. Manfaatkan waktu jeda untuk mengistirahatkan, terutama mata dan potensi berpikir Anda. Gerakkanlah tubuh Anda. Misalnya, berdirilah, lalu julurkan tangan Anda seolah-olah hendak memetik buah jambu yang berada di atas kepala Anda. Kegiatan ini akan memudahkan udara memasuki paru-paru Anda. Atau, minumlah segelas air. Air penting untuk penyegaran tubuh kita. Bukankah sekitar 70% unsur tubuh kita terdiri atas air? Dalam istilah yang lain, kegiatan di bagian ini juga bisa disebut sebagai membaca secara mencicil atau ngemil.

KEEMPAT, “ikatlah” makna. Berapapun halaman yang Anda peroleh, biasakanlah untuk “merekam” makna-makna yang tiba-tiba menyerbu kepala dan hati Anda. Tuliskanlah lewat bahasa ungkap Anda. Apabila Anda suka, gunakanlah “peta pikiran” (yang mencampur kata dan gambar dalam “merekam” sesuatu).

KELIMA, usahakan jangan berhenti bertanya saat membaca. Apa ya, yang baru saja saya dapatkan dari halaman ini? Apa sih gagasan inti yang akan disampaikan oleh pengarang di bagian ini? Apakah saya setuju dengan pendapat pengarah di bab ini? Apakah bukti-bukti yang disampaikan oleh penulis masuk akal? Apa yang ingin saya jelajahi lebih lanjut?

KEENAM, ulangilah pembacaan Anda secara multi-indrawi. Misalnya, bacalah dengan suara keras pada kalimat-kalimat penting. Bayangkanlah pemahaman Anda di dalam benak, dan tulislah kembali kata-kata kunci atau pengingat di pinggir halanan. Setelah itu, renungkanlah apa yang Anda peroleh. Semoga bermanfaat.

Jika bermanfaat, insya Allah nge-share artikel ini bagian dari ‪#‎SedekahIlmu‬.

Salam #FokusSatuHebat.

kangmasduki.com
edukator soft skills

SOFT SKILLS INSTITUTE
Training-Coaching-Consulting
care@softskills.web.id
0813-8099-3677

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s