COMMUNICATION SKILLS

Kang Masduki Fokus Satu Hebat 39Misalkan Anda bekerja di sebuah toko serba ada. Seorang nenek tua datang ke sebuah toko serba ada dan berkata ”Saya ingin membeli tangga.” Ketika Anda menanyakan tinggi tangga yang diinginkan, nenek itu hanya berkata ”Pokoknya yang bisa untuk memanjat pohon!” Apa yang Anda lakukan? Apakah Anda hanya akan memberikan tangga atau bertanya lebih lanjut?

Jika Anda langsung memberi tangga,Anda memang telah terhasil menjual satu barang. Namun apakah itu menyelesaikan masalah nenek tadi? Ternyata nenek tersebut ingin membeli tangga untuk mengejar kucingnya naik ke atas pohon dan tidak mau turun. Masalah tersebut belum tentu selesai dengan menggunakan tangga. Nenek tersebut bisa saja malah terluka dan kucingnya pun belum tentu ditangkap. Akan lebih bijaksana jika Anda menawarkan sepotong ikan untuk membujuk kucing itu turun, dan bukannya tangga, untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sekilas mungkin Anda gagal menjual sebuah tangga, tapi bukankah Anda akan dapat menjual ikan dan sekaligus mendapatkan kepercayaan wanita tersebut untuk berbelanja lagi di toko Anda lain waktu?

Cerita di atas menggambarkan bagaimana kita dapat menyelesaikan masalah dengan lebih bijak bila memiliki informasi yang akurat dan memadai. Situasi serupa sangat umum ditemukan dalam lingkungan kerja maupun dunia usaha. Untuk pekerjaan apapun, kemampuan untuk memperoleh informasi sangatlah penting. Bagaimanakah cara kita memperoleh informasi?

Tentunya dengan komunikasi. Anda tidak harus memiliki gelar juara pidato sekecamatan. Akan tetapi, sangatlah penting Anda dapat menyampaikan maksud dengan jelas, sekaligus dapat menangkap apa yang dimaksudkan orang lain.

Tentang communication skills akan dibahas lebih lebih rinci pada agenda Soft Skills Awareness Program. Sebuah program yang diimplementasikan oleh Universitas Muhammadiyah Tangerang guna meningkatkan soft skills performance para mahasiswanya. Untuk para mahasiswa, sampai ketemu dengan saya di agenda tersebut.

Salam ‪#‎FokusSatuHebat‬
kangmasduki.com
Edukator Soft Skills
Inspirator Fokus Satu Hebat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s