PEMIMPIN LEVEL SATU

Ahli kepemimpinan John C. Maxwell pernah menyebutkan bahwa jabatan adalah level terendah dalam kepemimpinan. Satu-satunya pengaruh yang dimiliki oleh seseorang yang memimpin berdasarkan jabatan adalah pengaruh yang diberikan oleh jabatannya. Orang lain mengikuti karena keharusan. Keharusan karena dia adalah presiden, keharusan karena dia adalah gubernur, keharusan karena dia adalah bupati atau walikota, dan seterusnya. Kepemimpinan yang mengandalkan jabatan dilakukan berdasarkan hak yang diterima dari jabatan mereka.

Memiliki jabatan tidaklah salah, namun menggunakan jabatan untuk membuat orang lain mengikuti hal yang salah adalah salah.

Orang yang hanya mencapai level satu dalam kepemimpinannya, bisa menjadi atasan, namun mereka tidak pernah menjadi pemimpin sesungguhnya. Mereka memiliki bawahan, bukan anggota team. Mereka mengontrol orang-orang mereka mengandalkan peraturan, kebijakan, dan bagan organisasional semata. Mereka mudah bersuara keras terhadap rakyat di depan matanya, karena hatinya jauh dari dari rakyat.

Masih menurut Maxwell, ada lima level atau lima tangga kepemimpinan. Sekiranya Anda adalah seorang pemimpin, maka penjelasan Maxwell demikian:
• Level 1 – Kepemimpinan dasar (Rights/hak) : Maksudnya adalah orang mau mengikuti Anda karena mereka memang harus melakukan hal tersebut atau lebih mudahnya dapat disebut sebagai pemimpin yang hanya mengandalkan jabatannya.
• Level 2 – Perkenanan (Relationships/hubungan ) : Orang mau mengikut Anda karena mereka ingin melakukan hal tersebut.
• Level 3 – Produktivitas (Results/hasil) : Orang mau mengikuti Anda karena apa yang telah Anda lakukan untuk organisasi tersebut.
• Level 4 – Mengembangkan orang lain (Reproduction/reproduksi) : Di sini orang mau mengikuti Anda karena apa yang telah Anda lakukan untuk mereka.
• Level 5 – Puncak kepemimpinan (Respect/rasa hormat) : Orang mau mengikuti Anda karena karakter dan reputasi cemerlang Anda.

Pertanyaannya, di level mana Anda sebagai pemimpin?

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah, Anda bisa berada di level berbeda di mata para bawahan Anda, di mata rakyat Anda. Masalahnya adalah, jangan sampai Anda menjadi pemimpin level tinggi hanya di mata kroni Anda. Sementara di mata rakyat, Anda hanya pemimpin rendahan, cuma pemimpin level satu. Na’udzubillah.

Salam ‪#‎FokusSatuHebat‬

Kangmasduki.com

One thought on “PEMIMPIN LEVEL SATU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s